CodeIgniter (CI)

Posted by | Posted on 00.10


CodeIgniter (CI) sebagai salah satu framework PHP, saat ini mulai banyak digunakan karena kehadalannya dan ukuran keseluruhan paketnya yang relatif kecil dibandingkan framework PHP lainnya. Ditambahkan kemudian instalasi serta dokumentasi yang sangat baik, menjadikan CodeIgniter sebagai alternatif yang menjanjikan untuk membangun sebuah website.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa framework itu merupakan kumpulan fungsi (libraries), maka kita tidak perlu lagi membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal, artinya tinggal kita panggil aja fungsi-fungsi yang di inginkan, tentunya cara memanggilnya sesuai dengan aturan framework tersebut. Beberapa contoh fungsi-fungsi standar yang telah tersedia dalam suatu framework adalah fungsi paging, enkripsi, email, SEO, sesion, security, kalender, bahasa, manipulasi gambar, grafik, tabel bergaya zebra, validasi, upload, captcha, proteksi terhadap XSS (XSS filtering), template, kompresi, XML, dan lain-lain.
Bagi anda yang menginginkan CodeIgniter anda bisa mendownloadnya di http://codeigniter.com/, atau anda menginginkan CodeIgniter untuk versi-versi sebelumnya, anda bisa mendapatkannya pada halaman  http://codeigniter.com/downloads/.
Untuk instalasi CodeIgniter berikut ini langkah-langkah nya:

1.   Dengan catatan anda menggunakan software WinRar, klik kanan file CodeIgniter_1.7.2.zip > WinRar > Extract files
2.   Tentukan tujuan ekstraksi file ke direktori instalan Xampp anda dalam hal ini saya menginstal nya ke D:\xampp\htdoc, lalu klik tombol OK

3.   Tunggu proses ekstraksi selesai, anda akan mendapatkan sebuah folder “CodeIgniter_1.7.2”.
4.   Ganti nama folder tersebut menjadi “CI” agar lebih mudah pemanggilan nya.
5.   Untuk menguji apakah instalasi sudah benar, buka browser kesayangan anda dan ketikkan  http://localhost/CI/. Anda akan menjumpai halaman seperti berikut jika instalasi benar :
 Contoh program pertama menggunakan CI :

Buat sebuah file dengan nama blog.php, tuliskan kode program di bawah ini :

< ?php
class Blog extends Controller {
         function index ()
         {
                 echo 'Hello Word......';
         }
}
?>

Simpan file diatas pada folder dimana anda menginstal CI nya dalam hal ini saya menyimpan nya di D:\xampp\htdocs\CI\system\application\controller.
Sekarang buka browser anda dan ketikkan :
http://localhost/index.php/blog/
Jika anda sudah melakukannya dengan benar, maka akan tampil "Helloword....."

Catatan : Nama class harus diawali dengan huruf kapital.

Dengan kata lain, contoh kode program berikut dinyatakan valid :
<?php
class Blog extends Controller {
}
?>

Sedangkan kode berikut dinyatakan tidak valid :

<?php
class blog extends Controller {

}
?>

Dan pastikan Controller anda meng-extends class parent Controller,sehingga ia inherit dengan semua method pada class induknya.

Comments (0)

Posting Komentar